Home » Pengabdian » KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK “PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM”

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK “PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM”

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM

DI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KABUPATEN SAMPANG

 

Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting dalam bisnis. Dengan adanya laporan keuangan, pelaku bisnis dapat memberikan gambaran kondisi bisnis dan kinerjanya kepada pihak-pihak terait misalnya bank, pemerintah, dan rekan bisnis. Dengan mengikuti pelatihan ini,  UMKM diharapkan dapat menyusun laporan keuangan yang nantinya dapat digunakan untuk permohonan kredit ke bank dan pelaporan pajak.

Aksestabilitas pelaku UMKM terhadap pendaaan dan juga bantuan dari pemerintah juga kadang kala terhambat dengan legalitas dan pelaporan keuangan. Padahal sektor ini mempunyai peran yang strategis dalam menghidupkan “ekonomi kerakyatan”. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan tambahan kemampuan dalam hal penyusunan laporan keuangan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari/tanggal    :           Rabu, 26 Oktober 2016

Bertempat       :           Kantor Dinas Koperasi Kabupaten Sampang

Dalam acara ini dilakukan pre test pada pelaku UMKM dan tenaga penyuluh. Dari pretest ini diketahui bahwa tidak ada satu pun pelaku UMKM yang melakukan pencatatan akuntansi. Mereka hanya pelakukan pencatatan sederhana terutama untuk persediaan. Sedangkan dari 10 tenaga penyuluh hanya 3 orang yang memahami penyusunan laporan keuangan (neraca dan laba rugi).

Pelatihan ini dimulai dengan memberikan motivasi pentingnya pelaku UMKM dan tenaga penyuluh melakukan pencatatan akuntansi. Setelah itu mengenalkan posisi saldo normal juga penyusunan neraca dan laba-rugi. Selain itu juga ada permasalahan lain seputar penyusunan laporan keuangan terutama bagi pelaku UMKM yang akan mengajukan pendanaan dari bank diatas 100 juta. Juga ada pertanyaan tentang sistem pengumpulan bukti transaksi dan pembukuannya.

Dokumentasi Kegiatan

pel-penyusunan-lap-keuangan

pel-penyusunan-lap-keuangan-2